Sewa Mobil Padang

Batusangkar dan Sekitarnya

Home »  Batusangkar dan Sekitarnya

Desa Pariangan

Anda suka terpesona melihat desa-desa bagai negeri dongeng di Eropa? Jangan salah, Indonesia juga punya desa dengan panorama dan suasana indah yang membuat anda betah berlama-lama di sana. Bahkan, akhir 2012 lalu, desa ini termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Budget Travel. Empat desa lainnya adalah Desa Wengen (Swiss), Eze (Prancis), Niagara on the Lake (Kanada) serta Cesky Krumlov (Ceko).

Nama desa itu adalah Nagari Pariangan atau Desa Pariangan yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Pariangan merupakan nagari tertua di Minangkabau dan berada tepat di lereng Gunung Marapi, yang berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Batusangkar.

Budget Travel sendiri merupakan media pariwisata internasional yang sudah cukup lama eksis. Menurut Budget Travel, Pariangan termasuk dalam daftar desa terindah dunia bukan hanya menyuguhkan pemandangan mempesona, tapi juga memiliki suasana tenang dan udara yang sejuk karena berada di ketinggian 500 – 700 meter di atas permukaan laut.

Ketika mengunjungi nagari ini, anda akan disuguhi pemandangan indah serta budaya dan arsitektur bangunan yang masih terjaga hingga hari ini. anda juga bisa menemukan bahwa sebagian besar warga di Pariangan masih menggunakan bangunan tradisional Minangkabau, yakni rumah gadang. Banyak diantaranya bahkan sudah berusia ratusan tahun lho. Keberadaan Masjid Ishlah yang merupakan desa tertua di ranah Minang menambah kaya warisan budaya Pariangan.

Di bagian awal desa anda akan disuguhi pemandangan perkebunan jagung dan beberapa tanaman lain. anda harus berjalan kaki beberapa menit sebelum tiba di pemukiman. Layaknya kawasan pedesaan, pemukiman di Pariangan tidak terlalu padat, sehingga anda bisa dengan leluasa menikmati suasana desa.

Sepanjang mata memandang anda bisa menikmati panorama sawah menghijau yang menyejukkan. Tapi, jJika pemandangan indah belum cukup untuk kamu, selama berada di Pariangan, anda juga bisa menikmati pemandian air panas yang diyakini memiliki sumber air dari Gunung Marapi. Kadar sulfurnya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Warga di desa Pariangan memiliki kebiasaan mandi bersama-sama di tempat pemandian umum atau yang biasa disebut tapian mandi yang bisa anda temukan di depan Masjid Ishlah. Terdapat satu tapian mandi untuk perempuan yang diberi nama Rangek Subarang, serta dua tapian mandi untuk laki-laki bernama Rangek Gaduang dan Rangek Tujuah. Selain untuk mandi, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai tempat mencuci.

Tertarik mengunjungi desa ini? Nagari Pariangan terletak di tepi jalan yang menghubungkan kota Batusangkar dan Padang Panjang. Dari kota Padang dengan waktu tempuh sekitar dua jam.


Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung atau Istano Basa adalah sebuah istana yang terletak di Kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang merupakan Tempat Wisata Budaya Andalan Sumatera Barat.

Istano Baso yang berdiri saat ini sebenarnya adalah replika dari yang asli yang terletak diatas Bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah yang terjadi pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun terbakar kembali pada tahun 1966 lalu.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan Tunggak Tuo (taing utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu.Bangunan ini didirikan pada lokasi yang lama tetapi dibangun dilokasi yang baru disebelah selatannya. Namun pada tahun 2007, Istano Basa mengalami kebakaran hebat kembali akibat petir yang menyambar di puncak istana.

Kini Istano Basa telah berdiri kembali dengan sangat megahnya dengan menghabiskan biasa sekitar 20 miliar rupiah.


Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah salah satu Wisata Terindah Di Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat yang berada di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau seluas 107,8 kilometer persegi ini merupakan danau terindah dan terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin, Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan dan Batang Anai untuk menggerakan generator PLTA Singkarak di dekat Lubung Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Di Danau Terindah Di Sumatera Barat ini terdapat habitat 19 spesies ikan. Tiga spesies diantaranya memiliki populasi kepadatan cukup tinggiYaitu ikan Bilih.Biko, Asang/Nilem dan Rinuak. Sementara spesies lainnya yang hidup di Danau Singkarak adalah Turiak/Turiq, Lelan/Nillem, Sasau/Barau serta Gariang/Tor.


Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah yanng terletak di pinggang Gunung Berapi antara Bukittinggi dan Batusangkar, Sumatera Barat memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Hawanya sangat dingin dan dikelilingi oleh kabut. Selain pemandangannya yang indah bila cuaca terang, di tempat ini juga terdapat dua danau kecil yaitu Danau Pakih dan Danau Aie Taganang yang didalamnya terdapat ikan khas Tabek Patah yang oleh penduduk setempat dinamakan Ikan Puyu.